Sejarah Biro Iklan Pertama

Sejarah Biro iklan pertama didirikan pada awal abad kesembilan belas dan biro iklan Inggris yang pertama, yakni White's, didirikan di London sekitar tahun 1800. Selanjutnya, White's bertindak sebagai biro iklan resmi untuk kepentingan Kantor Urusan Perang (War Office), Angkatan Laut Kerajaan Inggris, Komisi Narapidana Kerajaan (His Majestiy's Commisioner for Prisons), Kantor Usaha Koloni (Colonial Office), dan terakhir Crown Agents. Sebagian besar iklan-iklan yang ditanganinya adalah iklan rekruitmen. 1 Pada awalnya, biro-biro iklan tersebut tidak lebih dari makelar ruangan, yang menjual ruang-ruang iklan di surat kabar secara freelance. Setelah produksi surat kabar berkembang dengan baik, iklan tersebut mulai terjun bersaing dengan menawarkan jasa-jasa yang lebih luas seperti copywriting dan pembuatan desain iklan. Walaupun iklan tersebut lebih menarik perhatian dari pada pesan-pesan biasa, akan tetapi tetap saja tidak imajinatif. AE (account executife) yang dahulu di sebut “contacman” mulai memainkan peran penting. Setelah perang dunia kedua berakhir, biro iklan modern berkembang secara pesat dengan menyediakan berbagai macam layanan baru seperti pemasaran, riset pemasaran, dan juga perencanaan media, setelah data-data statistik media tersedia. Statistik media tentang pembaca untuk pertama kali di buat oleh Hulton Readership Survey pada dekade 1950-an. Dengan lahirnya iklan (siaran niaga) di televisi pada tahun 1955, maka layanan yang disediakan oleh biro-biro iklan pun bertambah lagi, sedemikian rupa sehingga biro-biro iklan yang paling besar, yakni menangani barang-barang produksi secara masal, adalah biro-biro iklan yang sanggup menangani dan menjual iklan-iklan di radio serta televisi.

sumber: hendrogibol.blogspot.co.id